Jurnal Bilingual
Vol 11, No 2: Jurnal Bilingual Edisi Oktober 2021

EXPLORING STUDENTS’ LISTENING SKILLS THROUGH SHORT MOVIES

Naniek Jusnita (Universitas Khairun)
Agus Supriyadi (Universitas Khairun)
Suratman Dahlan (Universitas Khairun)
Wahdania Mohdar (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak mahasiswa melalui film pendek semester IV program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Khairun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tes dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti memberikan tes untuk mengetahui hasil menyimak siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyimak menggunakan film pendek. Peneliti memberikan sepuluh pertanyaan pilihan ganda dan lima belas pernyataan kepada 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak mereka baik. Hal ini terlihat dari yang pertama: ditinjau dari 2 siswa (8%) kategori sangat baik, 17 siswa (68%) dalam kategori baik, 4 siswa (16%) dalam kategori cukup dan 2 siswa (8%) dalam kategori rendah. Secara keseluruhan, nilai siswa adalah 1,781 dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71,24, hal ini termasuk dalam kategori nilai baik. Kedua: hasil pengumpulan data menggunakan angket pada pernyataan (i) dan (ii) dengan pernyataan negatif, ada sebelas sampai dua belas (44-48%) siswa memberikan tanggapan cukup baik. Sedangkan pada pernyataan (iii) sampai (x) pernyataan positif, tiga sampai sepuluh (40-64%) siswa memberikan respon yang baik. Dari hasil tersebut rata-rata siswa mendapat nilai dalam kategori baik dan hasil angket menunjukkan beberapa siswa memberikan respon yang memuaskan. Dengan demikian, keterampilan menyimak berdasarkan film pendek pada mahasiswa semester IV tergolong baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bilingual

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Bilingual (p-ISSN 2088-2858 e-ISSN 2774-9681) which is published by Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in language ...