Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2022): April 2022

Video Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Ber-Subtitle Untuk Siswa Tunarungu

Indrayadi, Alviansyah Putra (Unknown)
Kusmaedi, Nadia Prita (Unknown)
Lubis, Siti Masyitoh Azzahra (Unknown)
Permatasari, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Materi operasi bilangan bulat merupakan materi mendasari semua materi matematika. Akan tetapi, siswa tuna rungu mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Terbatasnya jumlah media pembelajaran juga menjadi salah satu hambatan. Penelitin ini bertujuan mengembangkan media video pembelajaran matematika ber-subtitle untuk siswa tunarungu pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model Hannafin dan Peck. Model ini terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan atau implementasi. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi dari empat ahli, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran ber-subtitle untuk siswa tunarungu pada materi operasi bilangan bulat layak digunakan dengan nilai 3,27 yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan rincian dua ahli menyatakan sangat baik dan dua ahli menyatakan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quadratic

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education encompasses original research in mathematics and mathematics education and not submitted to another journal or conference from a range of research fields such as research and development, experimental research, ...