Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2022): October 2022

Pengembangan Youtube Bahan Belajar Dari Rumah Untuk Materi Persamaan Linear Satu Variabel Tingkat SMP

Bahy, Valentina Ivon (Unknown)
Arcana, I Nyoman (Unknown)
Ayuningtyas, Annis Deshinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Youtube bahan belajar dari rumah yang dapat digunakan dalam pembelajaran persamaan linear satu variabel dan untuk mengetahui kelayakan Youtube bahan belajar dari rumah. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model ADDIE, terdiri dari 5 tahapan yaitu : (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil pada tahap analisis adalah mengetahui permasalahan dari hasil wawancara, observasi dan analisis materi kemudian peneliti memberikan solusi berupa pengembangan Youtube bahan belajar dari rumah. Tahap desain menghasilkan perencanaan isi materi, pemilihan software, perancangan isi angket dan pembuatan channel Youtube. Tahap pengembangan menghasilkan pembuatan video Youtube dan penilaian dari validator yang mencapai rata-rata 4,61 (sangat valid). Tahap implementasi memperoleh skor rata-rata dari angket respon peserta didik yaitu 4,31 (baik). Tahap evaluasi memperoleh hasil korelasi angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar sebesar r = 0,719. Hasil penelitian ini berupa video Youtube bahan belajar dari rumah dengan channel “Cinta Matematika Kuy” untuk materi persamaan linear satu variabel. Video ini telah melalui uji kelayakan, dan dinyatakan layak digunakan subagai bahan belajar dari rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quadratic

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education encompasses original research in mathematics and mathematics education and not submitted to another journal or conference from a range of research fields such as research and development, experimental research, ...