Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Menggunakan LKPD Berbantuan Whatsapp Group Berdasarkan Gender

Suswiyati (Unknown)
Syukrul Hamdi (Unknown)
Endar Chrisdiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik SMP menggunakan LKPD berbantuan WhatsApp Group berdasarkan gender. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan uji one sample t-test. Hasil penelitian sebelum tindakan didapatkan rata-rata motivasi peserta didik laki-laki 22.73 dan perempuan 25.41. Setelah diberikan tindakan 3 siklus didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 24,47, 25,13 dan 26,33. Nilai rata-rata peserta didik perempuan 26,65, 27,41 dan 29,18. Hasil uji t pada 3 siklus didapatkan nilai berturut-turut 0,029, 0,035, dan 0,03. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Sedangkan hasil belajar sebelum diberikan tindakan didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 42,00 dan perempuan 60,59. Setelah diberikan tindakan 3 siklus didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 58,33, 70,67, dan 78,67. Nilai rata-rata peserta didik perempuan 71,18, 83,53, dan 88,24. Hasil Uji t pada siklus 1 dan 2 berturut-turut 0,042, dan 0,035. Sedangkan pada siklus 3 tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik berdasarkan gender. Berdasarkan analisis data maka penggunaan LKPD berbantuan WhatsApp Group kelas VIIIA efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika yang didasarkan pada perbedaan gender. Kata Kunci: Gender, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quadratic

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education encompasses original research in mathematics and mathematics education and not submitted to another journal or conference from a range of research fields such as research and development, experimental research, ...