Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Studi Literatur: Meningkatkan Self-Confidence Anak Slow Learner dengan Student Centered Play Therapy

Sefti Rholanjiba (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung)
Dwi Yulianti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Kelemahan kognitif (cognitive impairment) diantarannya anak dengan keterlambatan belajar. Anak membutuhkan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan dengan anak lainnya. Pada dasarnya Manusia memiliki rasa percaya diri, namun dengan tingkatan yang berbeda-beda. Rasa percaya diri diperlukan dalam segala aspek. Siswa sebagai si penerima pesan dari pembelajaran diharapkan dapat memperoleh kemampuan adaptasi terhadap perubahan-perubahan. Termasuk perubahan pada sistem belajar, materi ajar, situasi belajar dan lain sebagainya. Perubahan selalu terjadi dalam segala konteks kehidupan, sepanjang hayat hidup manusia. Penelitian ini memiliki misi yaitu meningkatkan kepercayaan diri anak slow learner dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan Student Centered Play Therapy. Desain penelitian ini menggunakan SLR dengan mencari artikel-artikel terkait dengan anak lamban belajar dan keterkaitan dengan konseling, Student Center Learning teori Rogers dan kepercayaan diri.  Didapatkan bahwa tumbuhnya rasa percaya diri anak slow learner dengan memanfaatkan dinamika dalam konseling kelompok menggunakan student centered play therapy.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPPI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education ...