Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

Muhammad Fu'ad Hadiyastama (Magister teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung)
Dwi Yulianti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Permasalahan yang paling utama dari kemajuan teknologi yaitu terletak pada kemampuan sumber daya manusia dalam mengaplikasikannya, terutama dalam proses pembelajaran. Pada hakikatnya manusia selama hidupnya tidak pernah putus dari kata belajar. Semakin berkembangnya revolusi industry 4.0 membawa dampak pada dunia pendidikan terutama dalam proses pelaksanaannya. Pembelajaran abad 21 lebih menekankan pada kemampuan stakeholder pendidikan menggunakan tekonologi seperti laptop, ponsel pintar, LCD dan masih banyak lagi media digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran abad 21 Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran abad 21, sangat dibutuhkan terutama dalam proses pembelajaran, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran tentunya memiliki suatu metode pembelajaran seperti memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Penggunaan media pembelajaran pada  proses belajar mengajar berfungsi menumbuhkan keinginan dan minat yang baru untuk siswa, menumbuhkan motivasi belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Media teknologi pembelajaran membantu memantapkan pengetahuan pada benak para peserta didik serta menghidupkan pelajaran yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik. Manfaat penggunaan media ini diharapkan mampu menarik perhatian peserta didik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPPI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education ...