Tujuan penelitian ini ialah guna melakukan pengembangan terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasiskan Etnosains Daerah Pantai Kenjeran guna Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa kelas V Sekolah Dasar; dan agar dapat menggambarkan mengenai respon siswa, keterampilan Berpikir Kritis, hasil belajar siswa, hasil keterlaksaan RPP, dan berbagai kendala yang ada dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan ke dalam dua tahapan, yakni tahapan pertamanya ialah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Berbasiskan Etnosains daerah Pantai Kenjeran namun hanya dalam tahapan pengembangannya saja. Tahapan kedua ialah melakukan pengujicobaan terhadap perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan pada siswa yang jumlahnya terbatas. Untuk penelitian ini, subjek penelitiannya ialah siswa kelas V SDN Kedung Cowek I/253. Pengujicobaan dilaksanakan dengan mempergunakan One Group Pretest-Posttest Design. Untuk penelitian yang dilakukan ini, pengumpulan datanya dilaksanakan dengan menggunakan beberapa cara, di antaranya ialah angket respon siswa, hasil pengamatan dan tes. Untuk penelitian ini, teknik analisis datanya ialah dengan mempergunakan teknis analisis dengan deskriptif kuantatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya perangkat pembelajaran IPA berbasiskan etnosains daerah pantai Kenjeran sangat praktis, valid serta efektif terhadap pokok bahasan suhu dan kalor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023