Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Di SDN Wolonbue

Sisilia Susanti (Unknown)
Mariana Sada (Unknown)
Sitti Arafah Bahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Wolonbue pada materi Fotosintesis serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang terlihat berdasarkan hasil pre test dan post tes, berturut-turut adalah 63,53 dan 77,06. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam menerapkan metode eksperimen di SDN Wolonbue yaitu: sarana dan prasarana yang baik dan memadai serta sumber buku yang sesuai dengan materi, sedangkan faktor penghambat yaitu: Hal hal yang menjadikan penghambat terbesar proses pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman siswa dan sempitnya waktu selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...