Potensi ide dan pemikiran siswa sebagai generasi muda dapat difasilitasi melalui karya tulis ilmiah. Rata-rata siswa pada saat ini masih kurang berani dalam mengemukakan ide untuk menjadi sebuah karya tulis. Selain itu, pemahaman terkait konsep dasar dan aturan penulisan karya tulis ilmiah masih sangat rendah bagi beberapa siswa. Pelatihan dan pendampingan literasi bagi siswa untuk menulis KTI telah dilaksanakan di SMAS Setiabudi Sungailiat. Pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan KTI berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Seluruh kegiatan pelatihan baik teori maupun praktik diikuti oleh siswa peserta pelatihan hingga akhir kegiatan. Pada proses kegiatan pendampingan, para peserta antusias untuk bertanya, menuangkan gagasan, serta mengemukakan pendapat. Pelatihan KTI dapat dikatakan berhasil baik dengan terlihatnya antusiasme kehadiran, tercapainya peningkatan skor rata-rata hasil post-tes yaitu 58,76 dibandingkan skor rata-rata pretest 47,32. Kegiatan ini adalah kegiatan yang berkelanjutan yang akan melibatkan guru pendamping untuk mengoptimalkan perannya dalam penyusunan karya tulis ilmiah bagi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023