Jurnal Kajian dan Terapan Matematika
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Matematika

PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA DAN NEAREST NEIGHBOUR PADA PENDISTRIBUSIAN ROTI

Handriyo Hutomo (Unknown)
Eminugroho Ratna Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2017

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membentuk  model  matematika  Capacitated  Vehicle  Routing Problem  (CVRP)  pada pendistribusian roti di CV Jogja Transport dan menyelesaikannya menggunakan algoritma  genetika  dan  metode  nearest  neighbour,  serta  membandingkan  hasil  penyelesaian  model tersebut. Data yang dibutuhkan antara lain  jarak antar depot dengan pelanggan dan jarak antar pelanggan, jumlah  permintaan  masing-masing  pelanggan,  jumlah  kendaraan  yang  dioperasikan  dan  kapasitas kendaraan.  Data  kemudian  diolah  untuk  dimodelkan  sebagai  permasalahan  CVRP  yang  selanjutnya diselesaikan  dengan  algoritma  genetika  dan  metode  nearest  neighbour.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa berdasarkan perbandingan efektivitas terhadap roti yang diangkut  metode nearest neighbour  lebih efektif dari algoritma genetika. Metode nearest neighbour menghasilkan rute yang dapat memaksimalkan kapasitas  angkut  kendaraan  yaitu  mengangkut  420  roti  (100%).  Berdasarkan  perbandingan  efektivitas terhadap  jarak  tempuh  algoritma  genetika  lebih  efektif  dari  metode  nearest  neighbour.  Algoritma genetika menghasilkan total jarak sejauh 39,5 km. Jarak tersebut lebih efektif 6,4 km dari metode nearest neighbour.Kata kunci: CVRP, Algoritma Genetika, Nearest Neighbour

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jktm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

Jurnal Kajian dan Terapan Matematika adalah jurnal yang menyajikan hasil penelitian, pemikiran, kajian teori, pengembangan terkini, dan penerapan matematika. Ruang lingkup jurnal ini mencakup bidang: • Aljabar, • Analisis, • Geometri, • Matematika terapan, • Komputasi, dan • ...