Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Anisa Safitri (Unknown)
Ali Mahmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  efektivitas  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi REACT  dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.Penelitian  ini  merupakan  quasi  experiment  dengan  desain  penelitian  pretest-posttest  group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII  MTs  Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total 364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan 38  siswa  yang  mendapatkan  perlakuan  dengan  menggunakan  pembelajaran  saintifik  sebagai  kelas kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran kontekstual  dengan  strategi  REACT  sebagai  kelas  eksperimen.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi belajar,  dan  lembar  observasi  keterlaksanaan  pembelajaran.  Data  dianalisis  menggunakan  dua  cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi  REACT  dan  Pembelajaran  Saintifik;  dan  2)  Multivariate  Analysis  of  Variance  (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  pembelajaran  kontekstual  dengan  strategi  REACT efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen, (2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di  MTs  Negeri  1  Sragen.  (3)  tidak  terdapat  perbedaan  signifikan  antara  pembelajaran  kontekstual dengan  strategi  REACT  dan  pembelajaran  saintifik  ditinjau  dari  prestasi  dan  motivasi  belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.Kata  Kunci:  Pembelajaran  Kontekstual, Strategi  REACT,  Pembelajaran  Saintifik,  Prestasi  Belajar, Motivasi Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...