Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS serta pembelajaran mana yang lebih efektif ditinjau  dari  motivasi  dan  prestasi  belajar  matematika.  Penelitian  ini  merupakan  eksperimen  semu  dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian adalah peserta didik  kelas  XI  SMK  N  4  Surakarta.  Sampel  dalam  penelitian  ini  sebanyak  dua  kelas  yang  pilih  secara  acak. Untuk  mengetahui  keefektifan  menggunakan  one  sample  t-test;  untuk  mengetahui  perbedaan  keefektifan menggunakan  T2  (Hotteling  Trace);  untuk  mengetahui  pendekatan  mana  yang  lebih  efektif   menggunakan independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  dan  TPS  efektif  ditinjau  dari  motivasi  dan  prestasi  belajar matematika; pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih  efektif  dibanding  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TPS  ditinjau  dari motivasi;  pembelajaran  dengan  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  lebih efektif  dibanding  pendekatan  saintifik  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TPS  ditinjau  dari prestasi belajar matematika. Kata Kunci: pendekatan saintifik, STAD, TPS, motivasi, prestasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017