Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  keefektifan  pendekatan  saintifik  dengan  metode pembelajaran  kooperatif  tipe think  pair  share  ditinjau  dari  kemampuan  berpikir  kreatif  matematis. Metode penelitian  ini  menggunakan  metode quasi  experiment  dengan  desain Pretest-Posttest  Control  Group  Design.Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri  dari  2  kelas  yang  diambil  dengan  undian, yaitu X  MIPA  2  sebagai kelas  eksperimen yang  mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe think pair share dan X MIPA 1 sebagai  kelas kontrol  yang  mendapatkan pembelajaran  menggunakan  pendekatan  saintifik  dengan metode ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis  yang terdiri dari soal pretest  dan posttest  berupa 7 soal uraian dan instrumen non-tes yang berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan adalah dengan deskriptif data dan  uji intervensial  yaitu  uji-t. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1) Rata-rata posttest kemampuan  berpikir kreatif matematis kelas eksperimen mencapai 31,96 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan dari  uji one  sample t-test diperoleh  nilai  signifikansi sebesar  0,001,  artinya  pendekatan  saintifik  dengan metode pembelajaran  kooperatif  tipe Think  Pair  Share (TPS)  efektif. 2) Rata-rata posttest kemampuan  berpikir  kreatif matematis kelas kontrol mencapai 28,93 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan dari uji one sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran ekspositori efektif. 3) Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012, artinya pendekatan  saintifik  dengan  dengan  metode kooperatif  tipe  TPS  lebih  efektif  dibandingkan  dengan  metode ekspositori.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017