Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD dengan pendekatan authentic inquiry learning pada tema Pencemaran Air (2) keefektifan LKPD berpendekatan authentc inquiry learning pada tema Pencemaran Air terhadap peningkatan keingintahuan peserta didik (3) keefektifan LKPD berpendekatan authentc inquiry learning pada tema Pencemaran Air terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan. Model 4D meliputi tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik 31 peserta didik kelas VII B SMP N 1 Wates. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar observasi sikap keingintahuan, lembar observasi pemecahan masalah, angket keingintahuan peserta didik, kemampuan memecahkan masalah diperoleh melalui tes (pretest-postest), dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan authentic inquiry learning berdasarkan kelayakan LKPD oleh validator dan respon peserta didik memperoleh nilai A dengan kriteria sangat baik. LKPD dengan pendekatan authentic inquiry learning efektif meningkatkan keingintahuan peserta didik dengan rata–rata persentase 63,746%, serta efektif meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik dengan gain score kategori sedangKata Kunci: LKPD IPA, pendekatan authentic inquiry learning, sikap keingintahuan, dan kemampuan memecahkan masalah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016