Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5, No 3, Edisi 3 tahun 2016

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Iswara Wasundari Tamarul Jannah (Unknown)
I Made Sukarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan (2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA/MA. Student centered merupakan model pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan peserta didik untuk menemukan konsep suatu materi kimia.Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan lembar kerja siswa ini mengikuti model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan menurut Borg Gall. Produk awal Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa ditinjau oleh satu orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media dan tiga orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk ini. Produk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa hasil revisi dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku reviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspek kelayakan isi LKS, (2) aspek kebahasaan, dan (3) aspek kegrafisan.2Hasil penelitian pengembangan ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa yang terdiri dari sembilan LKS. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 132,80, sehingga Lembar Kerja Siswa (LKS) ini layak digunakan sebagai sumber belajar peserta kelas XI SMA/MA pada materi asam basa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...