Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

DEVELOPMENT OF TEACHING LEARNING MATERIAL TRIGONOMETRY APPROACH GUIDED DISCOVERY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE X SEMESTER II

Alissa Rahmani Putri (Unknown)
Marsigit . (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri dengan  pendekatan  penemuan  terbimbing  untuk  siswa  SMA  kelas  X  semester  II.  Kualitas  perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi valid. Penilaian kevalidan LKS mendapat skor rata-rata 229 dengan kualifikasi valid. Hasil analisis data angket penilaian  kepraktisan  menunjukkan  bahwa  perangkat  pembelajaran  praktis  dengan  rata-rata  78,23.  Hasil observasi  keterlaksanaan  pembelajaran  menunjukkan  klasifikasi  sangat  baik  dengan  persentase  rata-rata mencapai  86,4%.  Hasil  penilaian  tes  hasil  belajar  siswa  didapat  persentase  ketuntasan  belajar  klasikal  sebesar 90% dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.Kata kunci : perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, trigonometri

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...