Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X semester II. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi valid. Penilaian kevalidan LKS mendapat skor rata-rata 229 dengan kualifikasi valid. Hasil analisis data angket penilaian kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dengan rata-rata 78,23. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi sangat baik dengan persentase rata-rata mencapai 86,4%. Hasil penilaian tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.Kata kunci : perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, trigonometri
Copyrights © 2017