Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA KELAS X SMK

Winda Dwi Astuti (Unknown)
Dhoriva Urwatul Wutsqa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk siswa kelas X SMK yang layak (valid, praktis, dan efektif). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut: Analysis (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini diujicobakan di SMK Piri 3 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan kualitas RPP dan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan skor kevalidan adalah 270 dan LKS memenuhi kriteria sangat baik dengan skor kevalidan adalah 155. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru memenuhi kriteria sangat baik, aspek kepraktisan berdasarkan penilaian siswa memenuhi kriteria sangat baik, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor kepraktisan yaitu 86% dengan kriteria sangat baik. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 87%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan.  Kata kunci: pengembangan, RPP, LKS, project based learning.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...