Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikanantara sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia dengan dan tanpa metodeeksperimen berbasis PBL. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPASMAN 1 Depok tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan melaluiteknik purposive sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen mengikutipembelajaran kimia metode eksperimen berbasis PBL dan satu kelas sebagai kelaskontrol mengikuti pembelajaran kimia dengan metode eksperimen berbasisEksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK). Data dianalisis menggunakan uji-tberpasangan, uji-t independen dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkanbahwa ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah mengikutimetode eksperimen berbasis PBL, namun tidak ada perbedaan yang signifikanantara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Prestasibelajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol juga tidak menunjukkanperbedaan yang signifikan apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Copyrights © 2017