Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TURUNAN UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II

Erlinda Rahma Dewi Erlinda Rahma Dewi (Unknown)
Atmini Dhoruri Atmini Dhoruri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

change-newline" Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) dengan pendekatansaintifik pada materi turunan untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran dariaspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yangterdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkanbahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid karena hasil penilaian memenuhi klasifikasi minimalbaik. Penilaian RPP mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan klasifikasi “Sangat Baik”, sedangkan penilaian LKSmendapatkan skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis data angket responguru dan angket respon siswa, perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimalbaik. Hasil angket respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,25 denganklasifikasi “Baik” dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,2 denganklasifikasi “Baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal siswamencapai 84,62%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...