change-newline" Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) dengan pendekatansaintifik pada materi turunan untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran dariaspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yangterdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkanbahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid karena hasil penilaian memenuhi klasifikasi minimalbaik. Penilaian RPP mendapatkan skor rata-rata 4,43 dengan klasifikasi “Sangat Baik”, sedangkan penilaian LKSmendapatkan skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis data angket responguru dan angket respon siswa, perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimalbaik. Hasil angket respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,25 denganklasifikasi “Baik” dan angket respon siswa terhadap penggunaan LKS mendapatkan skor rata-rata 3,2 denganklasifikasi “Baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal siswamencapai 84,62%.
Copyrights © 2016