Irfani
Vol 11, No 1 (2015): Irfani

PRINSIP INTEGRASI TATA BAHASA DALAM MATERI PEMBELAJARAN BAHASA BAGI PEMULA

Bt. H. Bahri, Ratni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab, khususnya di berbagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia, dan lebih khusus di madrasah, sampai saat ini belum memperlihatkan keberhasilan yang patut dibanggakan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antaranya kelemahan guru baik dalam konten materi maupun kompetensi mengajar, kurikulum, dan penjabaran kurikulum dalam kelas pembelajaran. Yang menarik adalah bahwa masih ditemukan materi-materi pembelajaran bahasa Arab yang tidak disusun secara sistematis sesuai kebutuhan pembelajar, di samping seringnya muncul pembelajaran bahasa Arab yang nahwu-sentris. Akibatnya, pembelajar bahasa Arab tidak tertarik yang menyebabkan lesunya pembelajaran dan minimnya hasil yang diraih dari rangkaian proses pembelajaran. Materi pembelajaran bahasa Arab seyogyanya disejalankan dengan aspek-aspek tata bahasa penting sesuai dengan tingkatan pembelajar. Namun, materi tata bahasa harus terintegrasi secara utuh dalam semua materi pembelajaran dan dilengkapi dengan latihan yang memadai tentang pola-pola kalimat yang populer. Oleh sebab itu, materi pembelajaran harus memperhatikan sederetan prinsip, di antaranya: tingkat popularitasnya, tahapan-tahapan dari yang mudah kepada yang sulit, mendesak bagi setiap tahapan, dan aplikable.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

IRFANI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Irfani adalah Jurnal Pencerahan untuk peradaban. diterbitkan oleh Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai ...