Pengembangan instrumen tes diagnostik saat ini merupakan salah satu solusi untuk menganalisis masalah miskonsepsi. Dengan demikian, diperlukan instrumen yang dapat digunakan untuk secara teoritis memvalidasi instrumen tes diagnostik yang akan dikembangkan. Model Rasch merupakan salah satu model analisis yang dapat digunakan untuk menentukan kelayakan suatu instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik melalui implementasi Model Rasch. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini telah menghasilkan suatu instrumen validasi teoritis berbentuk kuesioner untuk memvalidasi butir soal berbentuk pilihan ganda pada suatu instrument tes diagnostik. Instrumen tes diagnostik yang telah dikembangkan terbagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek materi sebanyak delapan butir, aspek konstruksi soal sebanyak 14 butir, dan aspek bahasa sebanyak enam butir. Hasil analisis Model Rasch menyatakan bahwa kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik valid dari segi konstruk dan konstruk, serta reliabel. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa produk pendidikan berupa kuesioner validasi teoritik butir soal pilihan ganda pada instrumen tes diagnostik dinyatakan layak dan dapat digunakan.
Copyrights © 2023