Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Dengan menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Pretest-Postest Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 64 siswa, dimana kelas eksperimen yaitu X MIPA 1 berjumla 31 siswa dan kelas Kontrol X MIPA 2 berjumlah 33. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitaian menggunakan uji-t.Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berupa tes esay untuk berpikir kreatif dan tes objektif untuk hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil uji t kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 77,25> 69,09. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 79,03> 69,48.Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek
Copyrights © 2022