Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS)
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

Heppi Purnama sari (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Rusdi Hasan (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Irwandi Irwandi (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Apriza Fitriani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Dengan menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Pretest-Postest Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 64 siswa, dimana kelas eksperimen yaitu X MIPA 1 berjumla 31 siswa dan kelas Kontrol X MIPA 2 berjumlah 33. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitaian menggunakan uji-t.Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berupa tes esay untuk berpikir kreatif dan tes objektif untuk hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil uji t kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 77,25> 69,09. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 79,03> 69,48.Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRIPS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS) terbit sejak tahun 2022, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Merupakan jurnal penelitian yang menyajikan artikel-artikel dalam 2 bidang ilmu yaitu pendidikan sains (Kurikulum, Inovasi, Media, Assesment, Evaluasi, Manajemen dan Kebijakan, studi ...