Penelitian ini mengkaji aspek citraan dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dengan kajian stilistika dan  implementasinya sebagai bahan  ajar  dalam  pembelajaran  sastra  di  SMK.  Jenis  penelitian  ini  adalah kualitatif deskriptif. Sumber datanya novel  trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dan data berupa kata,  frase, dan kalimat yang mengandung aspek citraan. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak catat, dan teknik pustaka. Adapun  teknik  validasi  data  menggunakan  triangulasi  teori.  Analisis  data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik atau retroaktif. Hasil  penelitian  terhadap  aspek  citraan  Ronggeng  Dukuh  Paruk dengan kajian  stilistika  yakni  (1)  Citraan  penglihatan  yang  dimanfaatkan  untuk melukiskan  karakter  tokoh,  keadaan,  suasana,  tempat  secara  plastis  dan  indah serta untuk melukiskan emosi  tokoh, aktivitas  yang  terjadi dalam  cerita. Citraan penglihatan berfungsi sebagai sarana penafsiran, baik penafsiran tokoh, peristiwa, maupun latar yang mendukung cerita. (2) Pemanfaatan citraan pendengaran untuk menggambarkan  perilaku  atau  aktivitas  yang  dilakukan  oleh  tokoh  dalam  cerita serta dapat memaknai  situasi  yang  terjadi.  (3) Analisis citraan  rabaan digunakan untuk menggambarkan suasana dalam cerita serta mengilustrasikan tempat terjadi cerita dan  latar waktu. (4) Penggunaan citraan penciuman berfungsi memudahkan imajinasi pembaca, menggugah pikiran dan perasaan, menghadirkan suasana yang lebih  konkret  dalam  cerita.  (5) Citraan  gerak  digunakan  untuk mengilustrasikan suasana  yang  ada  dalam  cerita,  menimbulkan  imajinasi  pembaca  terhadap  apa yang sedang terjadi, menggambarkan aktifitas maupun ekspresi para tokoh dalam cerita.  (6)  Penggunaan  citraan  pencecapan  digunakan  pengarang  sebagai  respon terhadap  rasa  oleh  indra  pengecap.  (7)  Citraan  intelektual  digunakan  sebagai penyampaian  pesan,  pelurusan  kebenaran,  maupun  penyampaian  pengetahuan baru bagi pembaca. Implementasi  aspek  citraan  sebagai  materi  ajar  di  SMK  bertujuan  untuk mencapai  kompetensi  pembelajaran  dengan  kompetensi  dasar  âmenyimak  untuk memahami  secara  kreatif  teks  seni  berbahasa  dan  teks  ilmiah  sederhanaâ,  serta kompetensi dasar âmengapresiasi secara  lisan teks seni berbahasa dan teks  ilmiah sederhanaâ. Materi ajar disajikan dalam bentuk modul pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013