Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan peran guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pembelajaran seni di kelas V SDN 044 Cicadas Awigombong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas V SDN 044 Cicadas Awigombong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran seni di Kelas V SDN 044 Cicadas Awigombong sudah menggunakan kurikulum merdeka dimana dalam pengimplementasian P5 guru mendiskusikan bersama siswa atau adanya kesepakatan proyek belajar. Peran guru sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, mediator, fasilitator dan evaluator. Pembuatan RPP atau modul dikerjakan sendiri dengan membentuk Kelompok Kerja Guru (KKG). Guru dan siswa harus lebih banyak inovatif dan kreatif dalam pembelajaran seni. Kesulitan serta tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran seni adalah ketika profesinya bukan guru khusus pembelajaran seni, diajarkan materi seperti menari dan teater yang latar belakang belum mempunyai kekhususan untuk diajarkan. Kesulitan lainnya, ketika menghadapi mood anak yang tidak menentu ketika pembelajaran seni.
Copyrights © 2024