Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 2 (2023): February - July

Generasi Z dan OTT: Preferensi Konsumen Pada Transformasi Media Dalam Persaingan Dengan TV Tradisional di Kota Semarang

Muhammad Helga Rizkiawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Awanis Linati Haziroh (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Hertiana Ikasari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Tito Aditya Perdana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Munculnya dunia digital di pasar global telah merevolusi berbagai industri terkemuka. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong konsumen terutama gen Z di Kota Semarang dalam memilih antara platform TV tradisional dan Over-the-Top (OTT). Faktor-faktor tersebut adalah konten, kenyamanan, persepsi nilai, persepsi harga terhadap preferensi konsumen. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan Hair dengan 153 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria seseorang yang mencakup usia 18-26 tahun berdomisili di Kota Semarang, serta pernah menonton TV tradisional dan konsumen platform OTT. Metode Analisis yang di gunakan penilitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi linear berganda. Pada hasil penelitian ini, ditunjukkan bahwa variabel konten, kenyamanan, persepsi nilai, dan persepsi harga berpengaruh positif secara signifikan terhadap preferensi konsumen gen Z di Kota Semarang dari TV tradisional ke OTT, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menawarkan kesempatan berharga bagi layanan streaming online, video-on-demand, operator TV tradisional, dan produsen konten hiburan untuk lebih memahami dan mengadaptasi diri terhadap preferensi konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...