Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture
Vol. 12 No. 1 (2024)

Perspektif Kebahasaan Pada Strategi Sensory Marketing Perusahaan Mixue : Kajian Tindak Tutur Pragmatik

Rinaldi, Rinaldi (Unknown)
Fahmi, Muhammad Khairul (Unknown)
Susilo, Arkam (Unknown)
Nurkhalisa, Andi Naswa (Unknown)
Junaeny, Arini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu brand adalah strategi marketing yang tepat, adapun teknik marketing yang dapat digunakan yakni melalui penggunaan sensory marketing. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada peran konteks pragmatik dalam menentukan maksud tuturan di kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan penulisan ini yaitu menganalisis kebahasaan pada strategi sensory marketing perusahaan Mixue dalam kajian tindak tutur pragmatik indikator sensory Penglihatan (sight), Rasa (taste), Sentuhan (touch), Pendengaran (hear), Penciuman (smell). Sumber data penelitian ini didapatkan langsung dari wawancara informan serta sumber lain baik lisan maupun tulisan. Hasil penelitian ini membuktikan penggunaan sensory marketing yang dilakukan Mixue mampu mempengaruhi perilaku konsumen melalui logo, aksara mandarin, pelafalan unik, dan gimik.

Copyrights © 2024