Jambura Elementary Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020

Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Muhammad Sarlin (Unknown)
Karmila Mursid (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan sampel kelas V dan berlokasi di Kota Gorontalo, dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data secara korelasional. Data dalam penelitian ini dipeoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini merupakan merupakan data primer yang dintinjau dari sumbernya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik regresi linear. Teknik analisis data ini digunakan untuk melihat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa dalam penelitian ini analisis data terdiri dari beberapa bagian yakni: 1). Uji Normalitas, 2). Uji Linieritas regresi, 3). Uji Hipotesis, 4).Uji Signifikasi, 5). Koefisien Determinasi. Sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa atau satu robongan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar nilai korelasi sebesar 76,20%. Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti model pembelajaran, stimulus guru, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kepribadian siswa serta lingkungan belajar siswa. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan sampel kelas V dan berlokasi di Kota Gorontalo, dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data secara korelasional. Data dalam penelitian ini dipeoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini merupakan merupakan data primer yang dintinjau dari sumbernya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik regresi linear. Teknik analisis data ini digunakan untuk melihat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa dalam penelitian ini analisis data terdiri dari beberapa bagian yakni: 1). Uji Normalitas, 2). Uji Linieritas regresi, 3). Uji Hipotesis, 4).Uji Signifikasi, 5). Koefisien Determinasi. Sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa atau satu robongan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar nilai korelasi sebesar 76,20%. Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti model pembelajaran, stimulus guru, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kepribadian siswa serta lingkungan belajar siswa. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...