Jambura Elementary Education Journal
Vol 3 No 2 (2022): VOLUME 3 NOMOR 2 TAHUN 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 TELAGA BIRU

Sartinmiyodu Sartin (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)
Sumarni Mohamad (Unknown)
Yusuf Jafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “Apakah model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru?”. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman, persoalan dan memecahkan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Telaga Biru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Teknik analisis data T test. Variabel bebas “model pembelajaran jigsaw”, variabel terikat “kemampuan berbicara”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 12,127 > ttabel = 2,043 atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 < taraf signifikan α =0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Kesimpulan, terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...