Jambura Elementary Education Journal
Vol 3 No 2 (2022): VOLUME 3 NOMOR 2 TAHUN 2022

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN NO 19 DUNGINGI KOTA GORONTALO

Karmila Mursid (PGSD)
Haris Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Muhammad Sarlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Karmila Mursid. 151416002, 2020. “Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd Pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah ada hubungan antara minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo.? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri No 19 Dungingi Kota Gorontalo nilai korelasi sebesar 76,20%, dan sisahnya Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS di kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...