Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 3 Nomor 1 Februari 2021

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Problem Posing Bersifat Open Ended

Agus Prianto (SMP Negeri 1 Jepara)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, mengekplorasi dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui problem posing bersifat open ended. Subjek penelitian ini sebanyak 32 siswa SMP Negeri 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan langkah memberikan informasi, kemudian meminta siswa membuat soal (pertanyaan) sebanyak mungkin dan selesainnya. Jawaban siswa dianalisis secara diskriptif berdasarkan aspek kemampuan kreatif matematis yang meliputi fluency, flexibility, dan novelty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada aspek fluency mencapai 78,13%; aspek flexibility mencapai 31,25%; dan aspek novelty hanya mencapai 6,25%. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa umumnya pada dua aspek yaitu fluency dan flexibility.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta). It published twice a year (in February & ...