Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan
Vol 8, No 01 (2020): TARBAWI

PEMIKIRAN MUHAMMAD TSANI TENTANG PONDOK PESANTREN DAN PRAKSISNYA

Rahmadi S.Fil.I (Darul Hijrah)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Tulisan ini berupaya memetakan pemikiran Mu’allim Tsani tentang pondok pesantren sehingga lahirlah pondok pesantren al-Falah yang dimulai dari paradigma pondok pesantren yang dibangun oleh Mu’allim Tsani dalam menghadapi perubahan. Menurut Mu’allim Tsani, pesantren harus mampu berperan di dua lingkup; pertama, di lingkup tertutup atau terbatas pada pondok pesantren itu sendiri, yaitu pesantren harus mampu melahirkan kader-kadernya sehingga tidak terjadi missing link, dan kedua, pondok pesantren harus berperan dalam lingkup sosial sehingga bisa memberikan konstribusi secara langsung kepada masyarakat. Kedua peran ini boleh dikatakan sebagai paradigma pendidikan di pondok pesantren, yang dalam sisi praksisnya dapat dirangkum dengan istilah ilmu dan amal. Landasan paradigmatis ini memberikan warna tersendiri bagi turunannya termasuk dalam menghadapi arus modernitas dan perannya sebagai counter moral.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

arbawi: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan is peer-reviewed national journal published biannually by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura. which contains research results from lecturers, educational staff, education observers, and others. The focus discussion of the journal is ...