Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada kajian teoritis dan praktis tentang mutu madrasah diniyah di era digital. Objek kajiannya pada upaya merumuskan konsep manajemen mutu madrasah diniyah di era digital dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis menggunakan metode content analysis terhadap sumber kepustakaan yang berisi teks/tulisan yang dijadikan sumber penelitian dalam rangka menarik kesimpulan Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan mutu di madrasah diniyah sangat diperlukan untuk menjadi Madrasah diniyah yang efektif (bermutu) . Adapun strategi pengelolaannya dengan (a) penguatan visi, misi, tujuan, sasaran, peningkatan mutu dan menghasilkan alumni yang bisa diandalkan (b) Peningkatan mutu madrasah (mengimplementasikan empat teknik madrasah review, benchmarking, quality assurance, dan quality control), dan (c) penguatan spiritual para pengabdi madrasah diniyah (spiritual principal, spiritual teacher, spiritual learner), serta (d) membangun budaya literasi digital. Dalam implementasinya dilaksanakan dengan melakukan penguatan sumber daya yang dimilikinya secara berkelanjutan, perluasan pengembangan kemitraan dalam bersinergi dan berkolaborasi. Semua upaya tersebut akan menjadi salah satu solusi yang mampu menciptakan keefektifan organisasi madrasah, berupa budaya organisasi madrasah yang kondusif, proses organisasi madrasah yang efektif dan inovasi-inovasi dalam pengelolaan mutu madrasah menuju madrasah yang mandiri, berdaya dan berdigdaya (unggul).
Copyrights © 2022