Journal of Physical Education and Sport Pedagogy
Vol 2, No 1 (2022)

Hubungan Sarana Prasarana Dengan Kompetensi Profesional Guru Penjas di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cicalengka

Risman Purnama (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Encep Sudirjo (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Rizal Ahmad Fauzi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Peran sarana prasarana olahraga dan kompetensi guru merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar mengajar agar tercapainya kualitas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Dengan demikian, penelitian ini melibatkan sebanyak 26 guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cicalengka. Data yang diperoleh melalui lembar survei dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cicalengka ini didapatkan koefisien korelasi (r) antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani sebesar 0,429, sedangkan untuk rtabel N=26 sebesar 0,388. Hal tersebut menunjukkan rhitung rtabel (0,4290,388) yang artinya terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan kompetensi guru penjas dengan korelasi sedang. Serta terdapat pengaruh antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani sebesar 15% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPESP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

This journal facilitates academic articles, book reports, and literature reviews. It aims to develop scientific discussion related to Physical Education and Sport Pedagogy. General discussion and essential findings are welcomed to create sustainability of worldwide learning education It covers ...