Journal of Physical Education and Sport Pedagogy
Vol 2, No 1 (2022)

Studi Bibliometrik: Model Pembelajaran dalam Permainan Bola Voli Tahun 2011-2020

Mulyana Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Ayi Suherman (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Tedi Supriyadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Dalam pembelajaran permainan bola voli di sekolah dasar diperlukan sebuah literatur model pembelajaran untuk guru penjas dalam mengajarkan gerak dasar permainan bola voli pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis studi bibliometrik model pembelajaran dalam permainan bola voli yang telah dipublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus dalam kurun waktu 2011-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain bibliometrik. Penelitian ini dilakukan secara sistematis dan terstruktur, yang meliputi empat tahap: (1) pencarian metadata artikel melalui aplikasi Publish or Perish dari database Scopus; (2) menyaring artikel yang akan digunakan dalam analisis bibliometrik; (3) memeriksa dan melengkapi metadata artikel; dan (4) melakukan analisis bibliometrik melalui aplikasi VOSviewer. Dari analisis bibliometrik terdapat empat temuan: (1) kata kunci penulis yang paling banyak digunakan; (2) perkembangan publikasi; (3) istilah judul yang paling banyak dipakai (4) istilah abstrak yang paling banyak digunakan. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan penelitian ini kurang menerapkan model pembelajaran dalam permainan bola voli, hal ini terlihat dari hasil publikasi jurnal yang sangat sedikit dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPESP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

This journal facilitates academic articles, book reports, and literature reviews. It aims to develop scientific discussion related to Physical Education and Sport Pedagogy. General discussion and essential findings are welcomed to create sustainability of worldwide learning education It covers ...