Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik antara model latihan juggling dan zig-zag run menggunakan bola terhadap keterampilan dribbling sepakbola pada siswa SDN Cimanggung IV kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang yang di ambil menggunakan sampling jenuh. Seluruh sampel tersebut diberikan pre test untuk menentukan kelompok treatment. Data yang diperoleh di olah menggunakan SPSS versi 22. Hasil uji independent sampel test Jika Sig (2-tailed) 0.05 artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil Latihan Zig-Zag dan Juggling terhadap Dribbling dan sebaliknya jika Sig (2-tailed) 0.05 artinya tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil Latihan Zig- Zag dan Juggling terhadap Dribbling. Oleh karena nilai Sig (2-tailed) 1,0000 0.05 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan zig-zag menggunakan bola dan latihan juggling pada peningkatan kemampuan dribbling pada pembelajaran sepak bola. Berdasarkan nilai RSquare pada hipotesis satu dan dua yang sudah disampaikan bahwa latihan zig-zag memiliki nilai sebesar 19,8% dan latihan juggling memiliki nilai sebesar 16,8%. Oleh karena nilai RSquare zig-zag (19,8%) RSquare juggling (16,8%) maka dapat disimpulkan bahwa yang lebih besar berkontribusi dalam keterampilan dribbling sepak bola ialah latihan zig-zag run menggunakan bola.
Copyrights © 2022