Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sinoa, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan Self Healing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan Self healing terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen desain, jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-experiment desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa yang berjumlah 58 orang siswa, kemudian sampel yang digunakan yaitu 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, analisi statistic non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa sebelum diterapkan kegiatan self healing berada pada kategori rendah, akan tetapi setelah diberikan kegiatan self healing tingkat motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan kegiatan self healing dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas empat tahap dan berjalan sesuai dengan scenario yaitu, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan terdiri atas kegiatan meditasi atau relaksasi, yakin terhadap diri sendiri, melakukan kegiatan yang lebih positif, dan melakukan curah pendapat, serta tahap pengakhiran (Terminasi). (3) Penerapan kegiatan self healing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa.
Copyrights © 2024