EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 2 (2024)

Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Karakter Religius Siswa di Sekolah Dasar

Nurmin Aminu (Universitas Muhammadiyah Buton)
Abdul Manaf (Universitas Muhammadiyah Buton)
Kamarudin Kamarudin (Universitas Muhammadiyah Buton)
Hijrawatil Aswat (Universitas Muhammadiyah Buton)
Nurjani Nurjani (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat dampak penggunaan gadget terhadap karakter religious siswa di Sekolah dasar, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap karakter religius siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif, dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, analisis data meliputi pengumpulan data, redaksi data, analisis data, dan prediksi atau verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap karakter religius siswa mulai terlihat, sebagian siswa menjadi individu yang individualistis; Hal ini seperti malas belajar, melalaikan sholat, malas belajar mengaji, dan suka membantah kepada orang tua. Hal ini sangat mempengaruhi tanggung jawab dan sikap religious  seorang anak. Penyebabnya adalah siswa lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan teknologi dan kurang mendapat perhatian dari orang tua, sehingga membuat anak menjadi malas melakukan hal yang positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...