Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) merupakan keterampilan bahasa yang paling dasar dan yang paling penting, yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab. Pada saat ini keterampilan ini sangat dibutuhkan, ketika ingin berbicara kepada orang lain dengan menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan berbicara maharah al-kalam dengan menggunakan pendekatan teori belajar humanistik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan, dengan menganalisis implementasi teori belajar humanistik pada kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara (maharah al-kalam) untuk mengajarkan dan membiasakan  berbicara bahasa Arab (maharah al-kalam) pada peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan referensi dari berbagai sumber yang relevan ada seperti buku, artikel, artikel maupun sumber lainya yang dapat dipertanggung jawabkan.  Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran maharah al-kalam dengan menggunakan pendekatan teori belajar humanistik sangat efektif serta efisien, karen teori ini mengedepankan kebebasan berekspresi dan berpendapat. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024