PPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang.Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif yang bersifat deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, guru kelas, pembina pramuka, dan kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang. Objek penelitian ini adalah tempat, perilaku, dan aktivitas siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang.Hasil penelitian didapatkan bahwa karakter tanggung jawab siswa pada saat observasi pada indikator melakukan tugas yang diberikan dengan baik dengan skor 66 dikategorikan sudah berkembang, indikator menghindari kecurangan dalam mengerjakan tugas dengan skor 67 dikategorikan sudah berkembang, indikator pelaksanaan tugas piket yang teratur dengan skor 66 dikategorikan sudah berkembang, indikator bertanggung jawab atas kata, sikap, dan tindakan dengan skor 65 dikategorikan sudah berkembang. Adapun skor keseluruhan dari indikator tanggung jawab sebesar 66 dan sejalan dengan hasil wawancara siswa dengan kategori sudah berkembang. Dengan demikian, karakter tanggung jawab siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang sudah berkembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024