EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Technological Pedagogical Content Knowladge Sebagai Revolusi Guru MI Era Profil Pelajar Pancasila

Nina Rohmatul Fauziyah (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Indonesia)
Yeni Mahmudah (Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan peranan guru madrasah ibtidaiyah dalam pengaplikasian profil pelajar Pancasila dengan menerapkan kurikulum terbaru saat ini Merdeka Belajar. Peneliti menggunakan desain studi library and research. Sumber data diambil dari literatur, jurnal serta berbagai kajian yang relevan dengan topik pembahasan hingga tahap menarik kesimpulan terkait implementasi nilai Pancasila dalam pembelajaran. Data yang di analisis menggunakan sebagaimana yang dijelaskan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpukan bahwasanya guru Madrasah Ibtidaiyah harus memiliki kompetensi tujuan realisasi proyek dan fokus pada dimensi, elemen, dan subelemen Profil pelajar Pancasila, dengan pelengkap (teknis, pedagogi, personal, sosial). Selain keempat kompetensi tersebut, pendidik juga perlu menguasai, menerapkan, dan mengembangkan seluruh kurikulum yang digunakan sesuai dengan karakteristik siswanya. Guru harus mampu menerapkan Keterampilan Abad 21 (Keterampilan 4C), Pendekatan HOTS, dan TPACK dalam pembelajarannya. Perolehan ini diharapkan akan menimbulkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, yang mewujudkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...