EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

LANDASAN PSIKOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Awwalina, Linlin Sabiqa (Unknown)
Nugraha, Mulyawan Safwandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didik yang berbeda menjadi latar belakang perlu adanya kesamaan landasan perkembangan psikologis dalam perancangan sebuah materi yang disusun kedalam kurikulum serta perkembangan anak dalam konteks interaksi sosial perlu diawasi oleh orang tua dan guru agar perkembangan tersebut tidak keluar dari masa perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan psikologis yang mendukung pengembangan kurikulum PAI dalam membangun pemahaman keimanan dan moral pada anak usia tingkat dasar. Dengan Teknik pengumpulan data berupa studi literature yang berkaitan dengan penelitian yang bersumber dari buku, jurnal dan referensi relevan lainya. Kemudian data dianalisa dengan menghubungkan hasil temuan dengan pembahasan untuk menghasilkan pengetahuan baru mengenai penelitian yang disajikan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Peran guru dan lingkungan belajar juga memberikan dampak yang signifikan terhadap penguatan pendidikan agama Islam. Keterlibatan orang tua merupakan unsur penting dalam menunjang dan menyelesaikan proses pembelajaran di sekolah. Dengan memahami landasan psikologis tersebut, Madrasah Ibtidaiyah  merancang kurikulum PAI yang sesuai dengan perkembangan anak, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dengan memahami teori belajar dari ahli psikolog disertai dengan pendekatan yang memotivasi peserta didik baik dari motivasi intrinsik maupun ekstrinsik, dan membantu anak membentuk pemahaman yang kuat tentang keimanan dan akhlak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...