Aljabar merupakan salah satu tema bahasan dalam pembelajaran matematika, memahami penyelesaian soal-soal aljabar begitu penting untuk memasuki bahasan yang lain seperti geometri, namun masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan dalam peneyelesaian soal aljabar tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kategori kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan masalah aljabar, memanfaatkan kriteria Watson dan menyelidiki elemen penyebab yang mendasarinya. Penelitian menggunakan desain deskriptif dari metode kualitatif. Partisipan penelitian sampel sebanyak 28 siswa. Metodologi pengumpulan data yang digunakan meliputi tes diagnostik, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan diantaranya kesalahan-kesalahan yang mencakup penggunaan data yang salah, penerapan prosedur yang salah, penghilangan data penting, tidak adanya pernyataan konklusif, konflik dalam tingkat respons, manipulasi tidak langsung, kesulitan terkait hierarki, serta kategori kesalahan lain di luar tujuh klasifikasi yang disebutkan di atas. Penyebab kesalahan dalam konteks ini mencakup beberapa variabel kognitif, seperti keterbatasan atau bias mental, serta ketidakakuratan dalam proses perhitungan. Selain itu, kesalahan mungkin timbul karena ketidakakuratan pembacaan atau lupa rumus yang digunakan dalam perhitungan. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya langkah-langkah konkret untuk mengatasi kesalahan yang dihadapi siswa dalam aljabar. Kegagalan dalam mengatasi kesalahan-kesalahan ini dapat mengakibatkan siswa terus melakukan kesalahan tidak hanya dalam aljabar tetapi juga pada topik-topik berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023