EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Penerapan Teori Difusi Inovasi pada Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Roswita Verona (Universitas Tanjungpura)
Sari Nur Ariyanti (Universitas Tanjungpura)
Gidion Gidion (Universitas Tanjungpura)
Yohanes Bahari (Universitas Tanjungpura)
Warneri Warneri (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penemuan baru atau inovasi seringkali mengalami banyak penolakan karena berhubungan dengan penyampaian pesan yang kurang tepat. Perkembangan kurikulum seringkali dianggap sebagai proses belajar kurikulum baru mulai dari nol, sehingga segelintir orang cenderung kurang merasa kurang nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi teori difusi inovasi dalam evolusi kurikulum pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review) dengan menganalisis secara rinci teks-teks yang terdapat dalam literatur, seperti jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua inovasi bersifat revolusioner, dan proses penyebaran pesan (difusi) memainkan peran krusial dalam meningkatkan pemahaman terkait perkembangan kurikulum. Inovasi muncul terlebih dahulu sebelum difusi terjadi. Implikasi dari difusi inovasi kurikulum di Indonesia adalah adanya fleksibilitas dalam merancang kurikulum untuk meningkatkan relevansi kurikulum dalam konteks lokal dan perkembangan peserta didik.. Setiap pergantian kurikulum di Indonesia dilakukan untuk memperbaiki sekaligus menyempurnakan kurikulum terdahulu, sehingga perkembangan kurikulum di Indonesia merupakan hasil difusi inovasi dari kurikulum sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...