EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 1 SD Melalui Penerapan Benda Konkret Bangun Ruang

Pratiwi, Retno Dwi (Unknown)
Zativalen, Oriza (Unknown)
Kharisma, Ahmad Ipmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalu penerapan benda konkret bangun ruang pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Porodeso kecamatan Sekaran kabupaten Lamongan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian menggunakan Teknik observasi dan tes terhadap siswa dan memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni sebesar 70. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes terhadap siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa yang semula 3 dari 5 siswa tidak tuntas dalam materi matematika bangun ruang, kini nilai siswa tuntas secara keseluruhan. Sehingga dapat dikatakan bahwa benda konkret bangun ruang tersebut dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 1 SDN Porordeso kecamatan Sekaran kabupaten Lamongan.  Implikasi benda konkret bangun ruang dalam pembelajaran kelas 1 SD adalah penggunaan media pembelajaran benda konkret sangat efektif dalam menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika bangun ruang karena siswa dapat secara langsung mengetahui bentuk bangun ruang dalam wujud yang nyata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...