EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Urgensi Teknik Tes dan Non Tes Dalam Memahami Motivasi Belajar Siswa SMA

Imam Syafi'i (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Diana Nur Aisyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Choirul Mazidah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar di Sekolah Menengah Atas melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan pada penelitian ini metode deskripsi. Metode ini memusatkan perhatian kepada masalah aktual berupa penggunaan teknik tes dan non tes dalam motivasi belajar siswa yang sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung, dalam hal ini peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap hal tersebut di SMAN 1 Taman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, triangulasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang ada disekolah ini rata-rata sudah menggunakan teknik instrument tes dan juga non tes dalam memotivasi kegiatan pembelajaran terhadap peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...