EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Penerapan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Sayyid Ahmad Syifa (Universitas Lambung Mangkurat)
Muhsinah Annisa (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas, penanaman karakter tanggung jawab, dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terintegrasi dengan STEM diterapkan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas. Hasil menunjukkan peningkatan aktivitas guru hingga nilai 60 ("sangat baik"), aktivitas siswa mencapai 92% aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa aspek kognitif mencapai ketuntasan klasikal 100%, karakter tanggung jawab mencapai 88% ("sangat membudaya"), dan aspek psikomotorik mencapai 92% ("sangat baik"). Model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas, karakter tanggung jawab, hasil belajar, dan aspek psikomotorik siswa. metode ini dapat diadopsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat kelas IV.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...