Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 89 Singkawang. Objek penelitianĀ  ini adalah tempat, perilaku, dan aktivitas siswa kelas IV di Sekolah DasarĀ  Negeri 89 Singkawang. Dari hasil Kemampuan Pemahaman Konsep siswa memiliki nilai rata-rata 39 dengan kriteria rendah.sedangkan hasil Gaya Kognitif siswa pada indikator FI memiliki nilai rata-rata 24,2 dengan kriteria rendah dan pada indikator FD memiliki nilai rata-rata 52,84 dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil Kemampuan Pemahaman Konsep IPS siswa yang ditinjau dari Gaya Kognitif pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 89 Singkawang, di dapat hasil keseluruhan rata-rata nilai 53,57 dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil keseluruhan pembahasan dapat diketahui bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep IPS yang ditinjau dari gaya kognitif dapat dikategorikan rendah. Karena rata-rata siswa memiliki indikator field dependent yang cenderung bekerja dengan motivasi eksternal, yaitu mencari bimbingan dan petunjuk dari orang lain
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024