Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XII Keperawatan pada mata pelajaran Al-Islam dengan penerapan metode discovery learning dan metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus dan juga digunakannya sebuah model spiral terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan juga refleksi yang menjadi subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI Keperawatan dimana siswa dalam kelas tersebut sejumlah 14 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Teknik penelitian ini yaitu teknik observasi, interview, dokumentasi, dan juga tes. Adapun hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pengembangan aktivitas siswa dalam pembelajaran implementasi metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Islam Keperawatan Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Probolinggo pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Setelah dilaksanakan program pembelajaran Al-Islam dengan berbagai kriteria pembelajaran melalui implementasi metode discovery learning pada siklus I terdapat 14 siswa diperoleh 71,42% siswa positif, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 94,28% Oleh karena itu,implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran al-Islam dapat mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Islam pada kelas XI Keperawatan. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Al-Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023