Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 2 (2022): Juli

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Nur Khosiah (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Yulina Fadilah (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Julia Setiowati (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Islamiah Islamiah (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di setiap lembaga pendidikan, terutama lembaga yang bernafaskan Islam dibawah naungan Kemenag maupun Kemendikbud. Bagi Guru Pendidikan Agama Islam dari semua jenjang pendidikan (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) haruslah mempunyai strategi khusus dalam menjawab tantangan era globalisasi. Kemajuan zaman yang semakin canggih ini banyak peserta didik mulai mengalami penurunan moral akibat banyaknya pengaruh dalam maupun pengaruh luar yang masuk ke setiap individu melalui berbagai media maupun pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik Kelas VI di SDI Miftahul Huda Desa Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Adapun penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun strategi guru pendidikan agama dalam penanaman nilai religius antara lain: pembiasaan sholat dhuha berjama’ah, membaca alqur’an, membaca Asmaul Husna dan surat Yasin sebelum pelajaran dimulai, perencanaan pada setiap SK dan KD dalam menyisipkan nilai religius pada peserta didik, adanya Progam Harian.  Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman nilai-nilai religius

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Ibtidaiyah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah which is managed by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and ...