Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 2 No. 1 (2021): Juli

PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA KELAS IV DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH

Ummul Karimah (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Lukman Hakim (Unknown)
Ahmat Zaini (Unknown)
Ahmat Nizar (Unknown)
Benny Prasetiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Adapun dalam suatu tujuan riset ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat Bahasa arab supaya lebih cepat di mengerti oleh pada siswa kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yaitu dengan menggunakan 4 suatu tahapan penelitian yaitu: perencanaan, penelitaina, observasi dan juga refleksi.   Dan dengan menggunakan metode pengumpulan data adalah menggunakan suatu pengamatan, tanya jawab dan juga tes tulis. Adapun   pengemabilan data penelitian ini penulis mengambil subjek dari siswa- siswi kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah yang berjumlah 18 pesertadidik, yaitu siswi perempuan yang berjumlah 9 dan juga siswa laki- laki yang berjumlah 11 anak. Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Penerapan Metode Bernyanyi Dalam suatu Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IV Di MI MI Tarbiyatul Islamiyah ini berjalan sangat efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini bias dilihat di Pra Siklus yaitu 27,7%, dan ketika dilanjutkan di Siklus I yaitu meningkat menjadi 66,6%, yang terakhir pada siklus II yaitu meningkat hingga menjadi 88,8%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Athfal

Publisher

Subject

Education

Description

AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak,(E-ISSN :2723-0813) |(P-ISSN:2723-245X) is an open access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. AL-ATHFAL receives articles in Indonesian, English, and Arabic. This journal publishes articles twice a year in July and ...